1315days since
General Check Up

Daftar Pasien

Jajak Pendapat

Online Chatt

Home‎ > ‎

Info Kesehatan

Berikut informasi tentang kesehatan (artikel kesehatan, obat dan penyakit) dalam bentuk links keberbagai sumber rujukan yang dapat dijadikan panduan dalam memelihara dan mendeteksi kesehatan kita.  Jangan lupa selalu mengkonsultasikannya kepada dokter Anda.
Kami siap melayani Anda......
Link Konsutasi/Forum  Kesehatan Online :
  1. Konsultasi Kesehatan Online
  2. Forum Kesehatan
  3. Konsultasi Kesehatan
  4. dll

BAHAYA PENGGUNAAN HEADSET [EARPHONE].

posted Mar 4, 2012, 3:57 AM by dr. Sri Dewi S.   [ updated Mar 4, 2012, 3:59 AM ]

Terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian headset akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran [tuli, budeg dll.]. Apalagi biasanya earphone/headset digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk "melawan" noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/bising. Ini sangat beresiko tinggi.

Ketulian sudah dapat menyerang orang semakin dini. Awal-awalnya telinga yang sering menggunakan earphone tidak terasa apa-apa, tapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung hebat.

Itu terjadi akibat kelelahan koklea [rumah siput], yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap.

Untuk orang dengan pendengaran normal, audiogram terletak antara nol dan 20 desibel. di atas angka itu, artinya kondisi telinga sudah tidak beres.

Dampaknya hanya dapat diobati dengan terapi hiperbalik [memberi obat-obatan khusus] agar tingkat ketuliannya berkurang, tapi tak sembuh. Sebab, yang rusak adalah sel rambut pada organ telinga bagian dalam yang berfungsi menangkap rangsangan atau frekuensi suara. Bila bagian ini sudah terganggu dan rusak, tak akan bisa kembali normal.

Badan Kesehatan Dunia [WHO], Sound Hearing 2030 juga sudah memprogram untuk mengurangi kasus gangguan pendengaran dan ketulian hingga 50 persen pada 2015, dan 90 persen dalam 15 tahun berikutnya. Masalah utamanya adalah gaya hidup yang salah seperti kebiasaan penggunaan earphone.

Selain itu, jangan menggunakannya saat menyetir atau di jalan raya yang berisik. Ini akan membuat pengguna tidak mendengar suara peringatan orang/ mobil lain dll, yang kemungkinan besar menyebabkan kecelakaan. Self-awareness menurun karena pengalihan konsentrasi kita dari lingkungan sekitar dan jalan ke suara dari earphones.

Keseimbangan badan pun bisa kacau karena tekanan udaranya mempengaruhi keseimbangan badan ketika kita menggunakan earphone di jalan atau sedang menyetir. Lebih baik kita rajin membersihkan telinga dari ear wax agar tidak infeksi.

Dengan mengetahui bahaya penggunaan headset [earphone] diatas, mudah-mudahan bisa menjadi peringatan buat kita agar tidak terlalu sering menggunakan headset/earphone

JERUK KURANGI RISIKO STROKE PADA WANITA

posted Mar 4, 2012, 3:50 AM by dr. Sri Dewi S.

Pola makan kaya buah citrus seperti jeruk dan jeruk bali dapat mengurangi risiko wanita mengalami gangguan stroke.

Sebuah studi menyebutkan, wanita yang mengonsumsi buah citrus seperti jeruk, jeruk bali dan lemon secara teratur memiliki risiko 19 persen lebih rendah menderita stroke iskemik ketimbang wanita dengan asupan jeruk jarang.

Stroke iskemik adalah kondisi dimana aliran darah ke otak tersumbat, kadang-kadang diakibatkan oleh penyumbatan arteri.

Dalam beberapa penelitian terungkap manfaat asupan buah. Pada penelitian terbaru ini, ilmuwan mengamati asupan berbagai jenis buah. Studi sebelumnya menemukan flavonoid yang ditemukan dalam buah dan sayuran menguntungkan namun tak semuanya mampu mengurangi risiko stroke.

Studi yang melibatkan hampir 70 ribu wanita selama 14 tahun mengamati pola makan termasuk rincian asupan buah mereka.

Hasilnya mengungkap buah jeruk mengandung subkelompok flavaonoids, yang disebut flavanones, yang berkaitan dengan risiko stroke rendah. Peneliti menyarankan agar memakan langsung buah jeruk ketimbang minum jus jeruk komersil. Sebab, jus jeruk umumnya mengandung banyak gula.


BROKOLI YANG KAYA MANFAAT

posted Feb 17, 2012, 4:10 PM by dr. Sri Dewi S.



Brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Sayuran itu tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, brokoli juga merupakan sumber alami asam folat.Asupan asam folat membantu mencegah penyakit hati. Sayuran berwarna hijau juga berpotensi dan melindungi untuk melawan perkembangan penyakit kanker. 

Hasil penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology mengklaim, brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, menurut peneliti, berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri.

Tanaman lain seperti bunga kol, tauge, kubis dan pak choi juga mengandung zat kimia ini. Tetapi dari keseluruhan sayur itu, brokoli memiliki kadar paling tinggi.

Cara kerja sulforaphane, menurut peneliti, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung.

Temuan dari peneliti di John Hopkins University itu mengungkapkan bahwa ada sebuah kandungan dalam brokoli yang mampu mencegah perkembangan tumor hingga 60 persen.Brokoli juga menunjukan pengurangan ukuran tumor yang tidak berkembang hingga 75 persen. 
Zat terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan ganguan pencernaan lainnya.

Seperti dikutip dari female first, brokoli merupakan salah satu makanan yang sarat gizi, tetapi memiliki kalori yang rendah, selain itu, sayuran ini juga sering menjadi plihan yang sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

MANFAAT BROKOLI :

Meningkatkan daya kerja otak
Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah
Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Menetralkan zat penyebab kanker
Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalam brokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara. kanker paru, kanker perut, kanker rahim, kanker mulut, kanker parynx dan kanker larynx

Manfaat brokoli lainnya bagi tubuh :
1. mengurangi resiko terkena gangguan stroke dan jantung
2. memperkecil kemungkinan terjadinya kanker kerongkongan (esophagus)
3. mampu menghancurkan perkembangan sel - sel kanker secara efektif (anti kanker)
4. antioksidan yang tepat bagi tubuh
5. mampu menjaga keseimbangan keadaan di dalam usus besar (kolon)
6. menyembuhkan anemia
7 menurunkan resiko katarak
8. memelihara kepadatan tulang dan mencegah lahir cacat pada bayi.

Kandungan yang bermanfaat dari brokoli ini :
1. Karotenoid
2. Sulforaphane
3. Pro Vitamin A
4. Seng
5. Vitamin C
6. Vitamin E
7. Kalsium
8. Zat Besi

**** 
Selain bisa dimakan mentah, brokoli bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat. Seperti sayuran lain, brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C.

Masak sebentar agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Agar brokoli tetapi hijau segar, rebus dengan air mendidih yang sudah ditambahkan dengan 1/2 sdt garam dapur. 

Selain vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flvonoid dan serat terkandung juga memperkaya kandungan nutrisi dari brokoli. Kandungan vitamin C pada brokoli jumlahnya lebih banyak daripada jeruk? Kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan segelas susu, dan brokoli juga diketahui mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum!

Selain itu tahukah Anda bahwa Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa dimakan mentah, ditumis, dicampur sebagai salah satu bahan sop atau dikukus sebagai lalapan. 

Tips memilih brokoli yang baik :
1. jangan memilih brokoli yang sudah berwarna kuning atau yang sudah terlihat layu
2. pilihlah brokoli yang masih berwarna hijau dan segar

PENYEBAB & PENANGANAN KRAM DI KAKI

posted Jan 29, 2012, 6:25 PM by dr. Sri Dewi S.   [ updated Feb 8, 2012, 10:01 PM ]

Kram kaki adalah nyeri akibat spasme otot di kaki yang timbul karena otot berkontraksi terlalu keras. Daerah yang paling sering kram adalah otot betis di bawah dan belakang lutut. Nyeri kram dapat berlangsung beberapa detik hingga menit dengan keparahan bervariasi.

Kram kaki biasanya terjadi saat kita beristirahat, bahkan mungkin sedang tidur. Orang tua lebih sering terkena kram daripada orang muda. Pada beberapa orang tua, kram bahkan bisa terjadi setiap hari.

Penyebab

Pada umumnya penyebab kram tidak diketahui (idiopatik). Sementara ahli berpendapat bahwa kram terjadi ketika otot yang sudah dalam posisi mengkerut dirangsang untuk kontraksi. Hal ini terjadi saat kita tidur dengan posisi dengkul setengah ditekuk, dan telapak kaki sedikit mengarah ke bawah. Pada posisi ini otot betis agak tertekuk dan mudah terkena kram. Itulah mengapa gerakan pelenturan sebelum tidur dapat mencegahnya.

Pada beberapa kasus, kram mungkin terjadi karena masalah atau kondisi lainnya, misalnya:

  • Beberapa jenis obat dapat memberikan efek samping berupa kram. Golongan obat ini antara lain: diuretik, nifedipine, cimetidine, salbutamol, statins, terbutaline, lithium, clofibrate, penicillamine, phenothiazines, dan nicotinic acid.
  • Dehidrasi
  • Ketidakseimbangan zat garam dalam darah (misalnya, kadar kalsium atau potasium terlalu rendah)
  • Kehamilan, terutama pada trimester terakhir
  • Kelenjar tiroid yang kurang aktif
  • Penyempitan arteri kaki yang menghambat sirkulasi
  • Gangguan saraf
  • Sirosis hati

Pada kondisi di atas, kram hanyalah satu dari beberapa gejala lainnya. Bila tidak ada gejala lain, kemungkinan besar kram bersifat idiopatik dan bukan karena kondisi di atas.

Penanganan

Gerakan pelemasan (stretching) dan pemijatan biasanya dapat meredakan serangan kram. Obat pengurang sakit biasanya tidak bermanfaat karena tidak cukup cepat bekerja. Namun, pengurang sakit seperti paracetamol mungkin bermanfaat meringankan nyeri dan lemas otot yang kadang masih berlangsung hingga 24 jam setelah hilangnya kram.

Pencegahan

  • Beritahu dokter bila kram kemungkinan disebabkan oleh konsumsi salah satu obat di atas. Dokter dapat memberikan obat alternatif.
  • Minum setidaknya enam gelas penuh setiap hari, termasuk satu gelas sebelum tidur. Juga perbanyak minum sebelum, selama dan setelah berolah raga.
  • Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium. Makan satu atau dua buah pisang sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan potasium Anda.
  • Bila Anda sering mengalami kram saat tidur, lakukan gerakan pelemasan pada otot-otot betis sebelum tidur. Caranya adalah dengan berdiri sekitar 60-90 cm dari dinding, lalu condongkan badan ke arah dinding dengan telapak kaki tetap di tempat. Lakukanlah beberapa kali. Anda mungkin perlu beberapa hari melakukannya sampai efeknya terasa.
  • Tidurlah dengan posisi yang mencegah otot betis Anda tertekan tanpa disadari:
    • Gunakan bantal untuk menyangga telapak kaki saat Anda tidur telentang.
    • Bila Anda tidur tengkurap, posisikan telapak kaki menggantung di ujung kasur.
    • Usahakan selimut tetap longgar di bagian kaki agar jari-jari dan kaki telapak tidak menghadap ke bawah saat tidur.

MAKANAN SUPER ITU BERNAMA TEMPE

posted Jan 8, 2012, 4:15 AM by dr. Sri Dewi S.   [ updated Jan 8, 2012, 4:16 AM ]


Banyak orang meremehkan tempe sehingga seringkali menggunakan tempe untuk asosiasi negatif. Misalnya, orang yang bermental lembek disebut “bermental tempe”. Tempe pun sering dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai makanan masyarakat bawah. Padahal, tempe sebenarnya adalah “makanan super” yang banyak sekali keunggulannya. Sebagai makanan yang berbahan kedelai, tempe memiliki semua manfaat kesehatan dari kedelai plus manfaat lain dari hasil proses fermentasi. Berikut adalah beberapa keunggulan tempe:

1. Kaya serat

Satu porsi tempe mengandung serat lebih dari yang dikonsumsi sebagian besar orang dalam satu hari. Serat sangat penting untuk kesehatan saluran pencernaan dan mencegah berbagai penyakit kronis.

2. Mudah dicerna

Tempe adalah pilihan yang cocok untuk orang yang mengalami masalah pencernaan. Proses fermentasi sangat mengurangi oligosakarida yang membuat kacang-kacangan sulit dicerna oleh sebagian orang. Kedelai pada tempe lebih lembut karena proses fermentasi menghasilkan enzim-enzim yang mem-pracerna sebagian besar nutrisi dasarnya. Enzim fitase pada tempe meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi dan kalsium.

3. Rendah natrium

Bila Anda memiliki hipertensi, tempe adalah makanan ideal untuk Anda. Tidak seperti produk kedelai lain seperti tauco dan kecap asin, tempe sangat rendah natrium.

4. Mengandung antibiotik alami

Tempe mengandung zat antibiotik yang melawan berbagai organisme penyebab penyakit. Tempe dapat digunakan sebagai obat alami untuk disentri dan masalah pencernaan karena infeksi lainnya.

5. Baik untuk pasien diabetes

Protein dalam tempe sangat baik untuk pasien diabetes, yang cenderung memiliki masalah dengan sumber protein hewani. Protein dan serat dalam tempe juga dapat mencegah kadar gula darah tinggi dan membantu menjaga kadar gula darah tetap di bawah kontrol.

6. Mencegah berbagai penyakit

Tempe dan makanan berbasis kedelai lainnya mengandung isoflavon, senyawa fitokimia yang hanya ditemukan pada tumbuhan. Isoflavon adalah sejenis fitoestrogen yang menyerupai estrogen manusia dalam struktur kimia, namun lebih lemah. Dengan meniru estrogen di lokasi tertentu dalam tubuh, isoflavon memberikan banyak manfaat kesehatan yang membantu Anda menghindari berbagai penyakit. Selain pada kedelai, isoflavon juga ditemukan pada kacang-kacangan lain, namun konsentrasi isoflavon pada kedelai adalah yang tertinggi. Seratus gram tempe mengandung sekitar 43,52 mg isoflavon. Dalam berat yang sama, kacang polong dan kacang tanah masing-masing hanya mengandung 2,42 mg dan 0,26 mg isoflavon.

Beberapa manfaat isoflavon:

·         Menurunkan risiko kanker. Isoflavon bertindak sebagai estrogen lemah yang mengikat reseptor estrogen dan memblokir beberapa efek merugikan dari estrogen yang mendukung pertumbuhan sel kanker. Efek ini serupa dengan cara kerja Tamoxifen, obat resep untuk mengobati kanker payudara, yang bertindak sebagai anti-estrogen dengan mengikat reseptor estrogen dan memblokir efek estrogen yang mendukung pertumbuhan sel-sel kanker. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa diet yang kaya kedelai dapat memberikan perlindungan dari beberapa kanker, termasuk kanker payudara, kelenjar prostat dan usus besar.

·         Peningkatan kesehatan tulang. Konsumsi isoflavon telah terbukti mengurangi kehilangan massa tulang dan memperlambat kehilangan kalsium dalam studi osteoporosis pada hewan. Obat anti-osteoporosis Ipriflavon adalah sintetis isoflavon yang diresepkan di Eropa untuk mengurangi resorpsi tulang pada wanita pasca-menopause. Selain itu, kedelai banyak mengandung kalsium.

·         Menurunkan tekanan darah. Penelitian tahun 2005 di AS menunjukkan bahwa diet kaya kedelai dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi hingga 10%.

·         Meringankan gejala menopause. Pada wanita yang mengalami menopause di mana produksi estrogen menurun, fitoestrogen dapat menghasilkan aktivitas estrogenik untuk meringankan gejala-gejala seperti kegerahan (hot flushes). Di Jepang, di mana konsumsi kedelai sangat tinggi, gejala menopause jarang dilaporkan.

·         Menurunkan kolesterol. Isoflavon adalah anti-oksidan yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain isoflavon, kedelai juga memiliki zat yang disebut saponin, yang secara signifikan menurunkan kolesterol. Tempe dan produk kedelai lainnya banyak mengandung saponin. Kedelai mentah mengandung antara 2 dan 5 g saponin per 100 g. Penelitian tahun 1997 oleh Dr Rene Malinow di Oregon Regional Primate Center menunjukkan secara meyakinkan bahwa saponin mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus sehingga memungkinkan pembuangan mereka. Efek ini sama dengan cara kerja obat penurun kolesterolcholestyramine.

7. Murah dan bergizi

Tidak kalah penting dari semuanya, tempe jauh lebih murah dibandingkan sumber protein lainnya, dengan kandungan gizi yang tidak kalah banyak. Terima kasih kepada Pemerintah yang selalu menjaga harga kedelai agar tetap terjangkau masyarakat!

Nah, setelah mengetahui keunggulan-keunggulan tempe di atas, seharusnya Anda bangga bila lain kali ada orang mengatakan Anda “bermental tempe”. Artinya, Anda memiliki mental yang hebat

KEAJAIBAN SIRSAK

posted Jan 8, 2012, 4:01 AM by dr. Sri Dewi S.


Inilah Obat Kanker Paling Ampuh yang Disembunyikan Bertahun-tahun.

Selama ini kita tahu bahwa kanker hanya bisa diobati dengan terapi kemo. Namun tampaknya persepsi ini harus dihapus dan dibuang sejauh-jauhnya. Kenapa? Karena sebenarnya ada obat alami untuk membunuh sel kanker yang kekuatannya SEPULUH RIBU KALI LIPAT lebih ampuh dibanding terapi kemo. Obat alami ini adalah buah yang familiar dengan orang Indonesia.

 

Buah Sirsak

 

Tapi kenapa kita tidak tahu ?

 

Karena salah satu perusahaan Dunia merahasiakan penemuan riset mengenai hal ini serapat2nya, mereka ingin dana riset yang di keluarkan sangat besar, selama bertahun-tahun, dapat kembali lebih dulu plus keuntungan berlimpah dengan cara membuat pohon Graviola Sintetis sebagai bahan baku obat dan obatnya di jual ke pasar dunia…

 

Memprihatinkan, beberapa orang meninggal sia2, mengenaskan, karena keganasan kanker, sedangkan perusahaan raksasa, pembuat obat dengan omzet milyaran dollar menutup rapat2 rahasia keajaiban pohon graviola ini.

 

Pohonnya rendah, di brazil dinamai “Graviola”, di Spanyol “Guanabana” bahasa inggrisnya “soursop”. Di Indonesia, ya buah sirsak. Buahnya berduri lunak, daging buah berwarna putih, rasanya manis2 kecut/asam, dimakan dengan cara membuka kulitnya atau di buat jus.

 

Khasiat dari buah sirsak ini memberikan effek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali system syaraf yang kurang baik.

 

Salah satu contoh betapa pentingnya keberadaan Health Science Institute bagi orang2 amerika adalah institute ini membuka tabir rahasia buah ajaib ini. Fakta yang mencengangkan adalah : jauh dipedalaman hutan amazon, tumbuh “pohon ajaib”, yang akan merubah cara berpikir anda, dokter anda, dan dunia mengenai proses penyembuhan kanker dan harapan untuk bertahan hidup. Tidak ada yang bisa menjanjikan lebih dari hal ini, untuk masa2 yang akan datang.

 

Riset membuktikan “pohon ajaib” dan buahnya ini bisa :

 

 Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, Tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. • Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan. • Pasien merasakan lebih kuat, lebih sehat selama proses perawatan / penyembuhan.

 

• Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.

Sumber berita sangat mengejutkan ini berasal dari salah satu pabrik obat terbesar di Amerika. Buah Graviola di-test di lebih dari 20 Laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya. Hasil test dari ekstrak ( sari ) buah ini adalah

 

 Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker : Usus Besar, Payu Dara, Prostat, Paru2, dan Pankreas. • Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamicin dan Terapi Kemo yang biasa di gunakan.

 

• Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel2 jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel2 sehat.

 

Riset telah di lakukan secara ekstensive pada pohon “ajaib” ini, selama bertahun-tahun tapi kenapa kita tidak tahu apa2 mengenai hal ini ? jawabnya adalah : begitu mudah kesehatan kita, kehidupan kita, dikendalikan oleh yang memiliki uang dan kekuasaan.

 

Salah satu perusahaan obat terbesar di Amerika dengan omzet milyaran dollar melakukan riset luar biasa pada pohon Graviola yang tumbuh dihutan Amazon ini. Ternyata beberapa bagian dari pohon ini : Kulit kayu, akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian di Amerika selatan untuk menyembuhkan : sakit jantung, asma, masalah liver (hati) dan reumatik. Dengan bukti2 ilmiah yang minim, perusahaan mengucurkan dana dan sumber daya manusia yang sangat besar guna melakukan riset dan aneka test. Hasilnya sangat mencengangkan. Graviola secara ilmiah terbukti sebagai mesin pembunuh sel kanker.

 

Tapi… kisah Graviola hampir berakhir disini. Kenapa?

 

Dibawah undang2 federal, sumber bahan alami untuk obat DILARANG / TIDAK BISA dipatenkan.

 

Perusahaan menghadapi masalah besar, berusaha sekuat tenaga dengan biaya sangat besar untuk membuat sinthesa/cloning dari Graviola ini agar bisa di patenkan sehingga dana yang di keluarkan untuk riset dan aneka test bisa kembali, dan bahkan meraup keuntungan besar. Tapi usaha ini tidak berhasil. Graviola tidak bisa di-kloning. Perusahaan gigt jari setelah mengeluarkan dana milyaran dollar untuk riset dan aneka test.

 

Ketika mimpi untuk mendapatkan keuntungan lebih besar ber-angsur2 memudar, kegiatan riset dan test juga berhenti. Lebih parah lagi, perusahaan menutup proyek ini dan memutuskan untuk TIDAK mempublikasikan hasil riset ini.

Beruntunglah, ada salah seorang Ilmuwan dari team riset tidak tega melihat kekejaman ini terjadi. Dengan mengorbankan karirnya, dia menghubungi sebuah perusahaan yang biasa mengupulkan bahan2 alami dari hutan amazon untuk pembuatan obat.

 

Ketika para pakar risetdari Health Science Institute mendengar berita keajaiban Graviola, mereka mulai melakukan riset. Hasilnya sangat mengejutkan. Graviola terbukti sebagai pohon pembunuh sel kanker yang efektif.

 

The National Cancer Institute mulai melakukan riset ilmiah yang pertama pada tahun 1976. hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu Graviola mampu menyerang dan menghancurkan sel2 jahat kanker. Sayangnya hasil ini hanya untuk keperluan intern dan tidak di publikasikan.

 

Sejak 1976, Graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang di lakukan leh 20 Laboratorium Independence yang berbeda.

 

Suatu studi yang di publikasikan oleh The Journal of Natural Products meyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di korea selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsure kimia yang terkandung di dalam Graviola, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamicin dan Terapi Kemo.

 

Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah : Graviola bisa menyeleksi memilih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu . Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel2 reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh terapi kemo, sehingga timbul efek negatif : rasa mual dan rambut rontok.

 

Sebuah studi di Purdue University membuktikan bahwa daun Graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker : prostate, pancreas, dan Paru2.

 

Setelah selama kurang lebih dari 7 tahun tidak ada berita mengenai Graviola, akhirnya berita keajaiban ini pecah juga, melalui informasi dari lembaga2 tersebut di atas.

 

Pasokan terbatas ekstrak Graviola yang di budidayakan dan di panen oleh orang2 pribumi Brazil, kini bisa di peroleh di Amerika.

 

Sirsak mempunyai manfaat yang sangat besar dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit kanker.

Untuk pencegahan: disarankan makan atau minum jus buah sirsak.

 

Untuk penyembuhan: 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) dicampur ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. - Air yang tinggal 1 gelas diminumkan ke penderita setiap hari 2 kali. - Setelah minum, efeknya katanya badan terasa panas, mirip dengan efek kemoterapi.

 

Dalam waktu 2 minggu, hasilnya bisa dicek ke dokter, katanya cukup berkhasiat. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.

Sedangkan kemoterapi masih ada efek membunuh juga sebagian sel sel yang normal.

 

Sekarang anda tahu manfaat buah sirsak yang luar biasa ini. Rasanya manis2 kecut menyegarkan. Buah alami 100% tanpa efek samping apapun.

 

Sebar luaskan kabar baik ini kepada keluarga, saudara, sahabat,dan teman yang anda kasihi.

 

Kisah lengkap tentang Graviola, dimana memperolehnya, dan bagaimana cara memanfaatkannya, dapat di jumpai dalam Beyond Chemotherapy : New Cancer Killers, Safe as Mother’s Milk, sebagai free special bonus terbitan Health Science Institute.

 

Artikel ini hasil terjemahan Health Science Institute.

 

Buat yang masih ragu, apa salahnya kita mencoba, makan buah kan ga berbahaya . ga kayak makan racun , tapi ingat yang berlebihan itu tidak baik.

 

DAN SEKALI LAGI PLEASE, JANGAN MINUM OBAT YANG KATANYA MENGCLAIM MENGANDUNG SIRSAK. MAKAN DAN MINUMLAH JUS BAHAN ASLI ALAMI SIRSAK .

 

INFO KESEHATAN : CHOLESTEROL & TRIGLISERID

posted Dec 23, 2011, 4:06 AM by dr. Sri Dewi S.

  

Jika tingkat kolesterol Anda tinggi, pembahasan kita pada pagi ini sangatlah cocok.

Kita akan mempelajari apakah itu kolesterol? Menurut anggapan umum kolesterol itu berbahaya, apakah memang demikian? Apa yang menyebabkan seseorang mempunyai tingkat kolesterol tinggi dan yang paling penting adalah bagaimana menurunkan kolesterol tinggi hanya dengan perubahan pola hidup.

 

  • Kolesterol adalah zat yang lembut, seperti lilin yang ditemukan di dalam saluran darah dan di semua sel tubuh. Jika Anda bertanya kepada seorang ahli bedah,ia akan mengatakan bahwa jika disentuh, kolesterol itu seperti keju hangat.
  • Kolesterol sendiri tidak dapat beredar di darah, oleh karena itu diperlukan alat angkut yaitu protein. Kombinasi dari kolesterol dan protein ini disebut lipoprotein (lipo = lemak).
  • Aliran darah membawa lipoprotein ke seluruh jaringan tubuh untuk dipakai, disimpan atau dibuang.
  • Kolesterol bisa menjadi baik atau jahat, tergantung bagaimana kita memandangnya.
  • Pada satu sisi, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna lemak. Kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, membuat membran sel dan hormon-hormon esential lainnya.
  • Liver kita memproduksi cukup kolesterol untuk kebutuhan tubuh.
  • Tanpa kolesterol, tubuh tidak dapat mencerna lemak dan kita akan mengalami masalah yang serius.
  • Dengan menjaga agar tingkat kolesterol kita dalam batas yang normal akan memberi impact yang sangat besar bagi kesehatan tubuh dan membuat kita berumur lebih panjang.
  • Olehkarena itu setiap orang perlu tahu dari mana datangnya kolesterol dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan?

Ada dua macam kolesterol yang dikenal yaitu LDL (Low density lipoprotein) dan HDL (High density lipoprotein).

LDL membawa kolesterol dari liver kepada sel-sel tubuh melalui pembuluh arteri dan sebaliknya HDL yang mengambil kolesterol dari pembuluh arteri untuk dibawa balik ke liver untuk dibuang.

Secara umum LDL dikenal sebagai kolesterol “Jahat” dan HDL kolesterol “Baik”.

Sebenarnya LDL tidaklah “jahat” karena tanpa LDL kita tidak dapat hidup. Namun jika kelebihan LDL akan menimbulkan masalah karena bisa membentuk plak/kerak pada dinding pembuluh arteri. Dan tumpukan plak ini dapat menyebabkan dinding arteri menjadi lebih sempit dan kurang elastis sehingga aliran darah menjadi berkurang, menyebabkan atherosclerosis/pengerasan pembuluh darah. Dan atherosclerosis dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Karena HDL berfungsi mengangkut kelebihan kolesterol dari pembuluh arteri dan mengembalikannya ke liver untuk dibuang.

Dr. Dean Ornish: “HDL berfungsi seperti truk sampah yang berkeliling mengangkut sampah.”.

Umpamanya, banyak sampah di rumah-rumah sedangkan truk sampah tidak lewat, lama kelamaan jalanpun akan tertutup oleh sampah sehingga lalu lintas tidak lancar bukan?

Kebanyakan tidak menimbulkan gejala, kadang baru diketahui setelah kita dicek darah.

Walaupun dengan berat badan normal, orang tsb bisa saja mempunyai kolesterol tinggi. Jadi bukan berarti orang langsing pasti aman dan bebas dari resiko menderita kolesterol tinggi.

 

APAKAH PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI?


  • Diet makanan berkolesterol tinggi merupakan penyebab utama.

Makanan apa saja yang mengandung kolesterol tinggi? Agar mudah mengingat, inilah tandanya, semua makanan yang mempunyai wajah dan mempunyai induknya. Contohnya ayam goreng, apakah ayamnya berwajah? Atau pisang, apakah pisang berwajah? Bagaimana dengan ikan, apakah mengandung kolesterol? Ya, karena banyak yang menganggap ikan tidak berkolesterol.

Makanan berkolesterol termasuk telur, susu, keju.

  • Merokok.
  • Genetik.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Diabetes.
  • Kurang gerak/tidak pernah atau jarang berolah raga.
  • Kegemukan dan obesitas.
  • Stress.

BAGAIMANA CARANYA MENCEGAH DAN MENURUNKAN KOLESTEROL YANG TINGGI?

Ubah pola hidup, bukan mencari obat penurun kolesterol. Karena obat-obatan harus dikonsumsi seumur hidup tetapi dengan ubah pola hidup sehat, kolesterol dapat disembuhkan tanpa memerlukan obat-obatan.


  1. Konsumsilah makanan vegetarian.
  • Penuhilah piring makan Anda dengan buah-buahan dan sayur-sayuran (kira-kira 7 – 9 porsi per hari) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (“Jahat”). Antioksidan dari makanan ini sangat bermanfaat. Lagipula jika kita konsumsi lebih banyak buah dan sayur, kita akan konsumsi lebih sedikit lemak.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks. Anda membutuhkan energi dari karbohidrat. Contohnya seperti beras pecah kulit, gandum utuh, polong-polongan yang semuanya mengandung serat, dapat menurunkan kolesterol tinggi. Flax seeds yang mengandung omega 3 sangat baik untuk menurunkan kolesterol “jahat”.
  • Hindari roti-roti, hindari fast food, makanan proses, makanan goreng, makanan junk food.

  1. OLAH RAGA.
  • Olah raga dapat menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Walaupun hanya 30 menit perhari, 5 x seminggu. Olah raga dapat memelihara berat badan ideal dan mengurangi plak-plak pada pembuluh arteri. Olah raga juga dapat membantu jantung dan pembuluh darah menjadi lebih baik. Dan tulang kuat.
  • Olah raga terbaik adalah jalan cepat di udara terbuka, dengan sinar matahari pagi dan udara segar. Mulailah berolah raga. Tetapi apabila Anda mempunyai tingkat kolesterol tinggi, hati-hati, jangan olah raga yang berat. Olah raga harus disesuaikan dengan penyakit Anda, dan perlu Jalan kaki saja dan perlu di bawah advis seorang ahli/dokter.

  1. KURANGI STRESS
  • Stress kronis dapat meningkatkan tekanan darah dan menambah resiko atherosclerosis. Sedangkan kolesterol tinggi sudah membuat atherosclerosis,sehingga resiko meningkat 2 kali lipat.
  • Kurangi stress dengan relax, olah raga, berdoa kepada Tuhan.
  • Nafas dalam-dalam dapat membantu meringankan stress. Rekreasilah di alam.

  1. TURUNKAN BERAT BADAN
  • Menurunkan berat badan adalah hal yang terbaik agar terhindar dari penyakit cardiovaskular. Kegemukan dapat mempengaruhi lapisan dinding pembuluh arteri, sehingga lebih mungkin untuk mengumpulkan plak dari kolesterol.
  • Menurunkan berat badan (terutama lemak perut) dapat meningkatkan HDL kolesterol “baik” dan menurunkan LDL kolesterol “Buruk”.
  • Usahakan berat badan ideal sesuai BMI/IMT.

TRIGLISERID


  • Trigliserid adalah satu jenis lemak yang ditemukan di dalam darah.
  • Trigliserid diperlukan untuk kesehatan dengan jumlah normal.
  • Seperti kolesterol, trigliserid juga didapat dari konsumsi makanan dan juga diproduksi di liver.
  • Karena trigliserid (sama dengan kolesterol) tidak dapat larut di dalam darah, trigliserid beredar di dalam tubuh dengan bantuan protein yang disebut lipoprotein (bertindak seperti kapal yang mengangkut).
  • Trigliserid adalah sumber energi tubuh utama. Dan kehadiran mereka di dalam makanan sangat erat hubungannya dengan makan.
  • Tingkat trigliserid naik secara dramatis setelah makan, terutama setelah makan karbohidrat sederhana seperti gula, tepung, dan lemak jenuh juga alkohol.
  • Ini dikarenakan gula/karbohidrat sederhana yang tidak dipakai langsung sebagai energi akan diubah menjadi trigliserid dan disimpan sebagai lemak.
  • Pelepasan simpanan trigliserid diatur oleh hormon, tergantung dari kebutuhan tubuh akan energi.
  • Puasa akan merangsang pelepasan dari trigliserid yang tersimpan.

APAKAH PERBEDAAN TRIGLISERID DAN KOLESTEROL?

Trigliserid dan kolesterol adalah dua jenis lemak yang berbeda yang beredar di dalam darah. Trigliserid memberikan tubuh energi sedangkan kolesterol digunakan untuk membangun sel dan hormon-hormon tertentu.

PENYEBAB TRIGLISERID?

  • Diet makanan kelebihan karbohidrat sederhana seperti tepung putih (produk roti putih, mie, kue-kue), gula (kue-kue dan roti manis, soft drink dll), lemak jenuh (lemak hewani, trans fat, goreng-gorengan) dan alkohol.
  • Kelebihan berat badan, kurang olah raga, merokok, suka tidak makan dan makan porsi besar sekali makan.
  • Diabetes, hypotiroid, penyakit ginjal, obat-obatan tertentu dan masalah genetik (familial hyperlipoproteinemias, kasus jarang).

APAKAH GEJALA TRIGLISERID?

Trigliserid tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala sampai kerusakan yang cukup signifikan telah terjadi. Cara satu-satunya untuk mengetahui apakah level trigliserid tinggi adalah melalui test darah. Dalam kasus yang jarang, orang dengan trigliserid yang sangat tinggi dapat mengalami peradangan pankreas, menyebabkan nyeri perut tiba-tiba, hilang nafsu makan, mual, muntah dan demam.


  • Menyebabkan pengerasan dan penebalan dinding pembuluh arteri – yang dapat meningkatkan resiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung. Tingkat trigliserid yang tinggi menyebabkan pengentalan darah yang dapat merupakan prediktor penyakit jantung.
  • Tingkat trigliserid yang tidak normal dihubungkan dengan sejumlah penyakit seperti sirosis hati, hypotiroid (kelenjar tiroid yang tidak normal), diabetes, pancreatitis, pembesaran liver dan limpa, dan kelebihan lemak pada kulit.

 

BAGAIMANA CARA MENURUNKAN TINGKAT TRIGLISERID YANG TINGGI?

Melalui pola hidup sehat.

  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat. Motivasikan diri Anda, bahwa dengan menurunkan berat badan, Anda akan lebih sehat.
  • Kurangi kalori yang dikonsumsi. Mohon diingat bahwa kelebihan kalori akan diubah menjadi trigliserid dan disimpan sebagai lemak. Dengan kurangi asupan kalori akan menurunkan trigliserid.
  • Hindari makanan manis dan refined yang disebut karbohidrat sederhana. Karena makanan yang demikian dapat meningkatkan produksi insulin secara mendadak dan dapat meningkatkan tingkat trigliserid. Gantilah dengan karbohidrat kompleks (nasi pecah kulit, roti gandum asli buatan sendiri, dll.)
  • Hindari makanan yang berkolesterol (makanan yang mempunyai wajah dan induk), hindari makanan goreng dan hindari makanan yang mengandung trans fat (produk roti, kue-kue, crackers, cookies dll.). Gantilah dengan lemak baik seperti dari seeds (flax seeds, sun flower seeds, pumpkin seeds), nuts, apokat, olive oil extra virgin.
  • Hindari alkohol.
  • Berolah raga secara teratur, karena olah raga dapat menurunkan trigliserid dan LDL.

JANGAN ABAIKAN RADANG TENGGOROKAN :

posted Dec 23, 2011, 2:10 AM by dr. Sri Dewi S.


Radang tenggorokan atau pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan/ pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.

Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.

Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorok acapkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.

Radang Tenggorok / Pharyngitis, ada dua macam, yakni :  akut dan kronis

1. PHARYNGITIS AKUT.

Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk.

2. PHARYNGITIS KRONIS.

Radang tenggorok yang sudah berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya      tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

Penyebab Radang Tenggorokan

1.  Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam

2.  Batuk dan pilek/lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.

3.  Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).

4.  Alergi juga dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).

5.  Bakteri streptokokus.

Dapat diketahui dengan kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Dan, adanya gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah – muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.

6.  Difteri

7.  Merokok.

 

 Gejala Radang Tenggorokan

Baik pada infeksi virus maupun bakteri, gejalanya sama yaitu nyeri tenggorokan dan nyeri menelan. Selaput lendir yang melapisi tenggorokkan yang mengalami peradangan berat atau ringan, akan tertutup selaput yang berwarna keputihan atau mengeluarkan nanah.

Gejala Lain

- demam

- pembesaran kelenjar getah bening di leher

- peningkatan jumlah sel darah putih.

Gejala tersebut bisa ditemukan pada infeksi karena virus maupun bakteri, tetapi lebih merupakan gejala khas untuk infeksi karena bakteri.

 

Mengidentifikasi Penyebab Radang Tenggorokan

Pada kasus ringan karena infeksi virus tidak harus ke dokter karena cukup diberi obat penghilang rasa sakit atau demam. Pada kasus tertentu yang bukan disebabkan karena virus mungkin perlu dilakukan pemeriksaan dokter.

Sebelum memberi pengobatan, sangat penting bagi para dokter untuk mencari penyebab radang tenggorokan guna menegakkan diagnosa yang benar dengan tujuan mencegah pemberian antibiotik yang tidak tepat bagi sebagian besar penderita radang tenggorokan karena dapat menimbulkan organisme yang resisten terhadap antibiotik.

Infeksi Tenggorokan Tidak Harus Terapi Antibiotika

Untuk infeksi tenggorokan adanya demam tinggi, ingus / lendir yang berwarna hijau atau kuning merupakan gejala dari perjalanan infeksi virus, sebagian besar dokter seringkali memberikan terapi antibiotika. Padahal kondisi tersebut bukan merupakan indikasi pemberian antibiotika. Kecuali kasus dengan demam tinggi, pada saat hari ke 3-5 bisa dipertimbangkan pemberian antibiotika.

Sebelum melakukan pengobatan – meresepkan obat, sangat penting kita mengetahui penyebab radang tenggorokan guna mencegah pemberian antibiotik yang tidak tepat –yang seringkali terjadi pada kasus radang tenggorokan, karena dapat menimbulkan kuman yang resisten terhadap antibiotik.

Untuk mengetahui penyebab radang tenggorokan harus dilakukan pemeriksaan cermat pada tenggorokan dan kelenjar getah bening di leher. Selanjutnya, dengan test usap tenggorok untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri. Pemeriksaan lab ini perlu dilakukan jika ada dugaan diagnosis radang tenggorokan yang disebabkan bakteri streptokokus berdasarkan temuan klinis dan epidemiologis, dan pasien belum mengkonsumsi antibiotik.

 

Selain itu, juga perlu dilakukan pemeriksaan sensitivitas terhadap antibiotik pada pasien yang alergi terhadap penisilin karena adanya bakteri streptokokus yang resisten terhadap erytromisin.

Jangan sampai si penderita meminum obat antibiotik sebelum dia mengetahui seberapa imun tubuhnya dan juga harus memeriksakan radang tenggorokan yang dideritanya ke dokter untuk mengetahui berat-ringannya penyakit. Bila radang tenggorokan disebabkan oleh alergi, si penderita sebaiknya selalu menjaga tubuh tetap prima jangan asal minum-minuman dan makan-makanan yang membuat tenggorokan sakit.

Sebagian besar kasus, keluhan ini akan mereda dengan sendirinya. Untuk membantu meringankan rasa sakit, dokter biasanya memberikan obat yang bersifat pain reliever. Misalnya asetaminofen (parasetamol) atau ibuprofen yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan demam. Berkumur dengan air garam hangat juga bisa membantu. Bisa juga dengan obat kumur anestetik atauanesthetic throat gargle.

FDA (Food Drug Adm) lembaga pengawasan makanan & obat AS, memberikan catatan, bahwa obat kumur Chlorhexidine Gluconate (CG) hasil uji klinis memiliki aktivitas antimikrobial untuk pembilasan oral / mulut.  Hasilnya, dari sampel microbial plaque yang diteliti, telah memperlihatkan pengurangan jumlah bakteri secara umum –baik aerob maupun anaerob, berkisar 54-97% selama penggunaan CG.

Selain itu, penggunaan CG sebagai pembilas oral selama 6 bulan – tidak menunjukan adanya perubahan yang nyata di dalam resistensi bakteri, pertumbuhan berlebihan dari organisme  berpotensi opurtunis atau lain perubahan  di dalam ekosistem microbial oral. Dan, tiga bulan pasca penggunaan CG dihentikan. Banyak bakteri di dalam plaque yang kembali ke tingkat base line – bakteri plaque tidak resistens. Oleh karena itu, CG bisa dipergunakan sebagai alternatif meredakan radang tenggorokan maupun sariawan.

 

Komplikasi Jangan Diremehkan.

Nyeri tenggorokan kerapkali diabaikan, karena pada umumnya ringan. Padahal pada sebagian kasus, sekitar 10 -20% jika dibiarkan berlarut-larut, radang ini bisa memicu munculnya penyakit lain. Hampir semua orang pernah mengalami nyeri tenggorokan. Namun, tidak banyak yang memeriksakan ke dokter sebelum nyeri tenggorokannya menjadi parah. Bahkan, biasanya penderita baru pergi ke dokter saat radang parah — nyaris tidak sanggup lagi menelan makanan.

Radang tenggorokan sebenarnya bukanlah nama penyakit, tetapi hanya gejala dari berbagai penyakit yang muncul. Dalam terminologi kesehatan, radang tenggorokan biasa disebut dengan sore throat atau Pharyngitis. Keluhan yang muncul bervariasi, dari sekadar rasa gatal di tenggorokan sampai nyeri berat sehingga menelan ludah pun terasa menyakitkan. Tidak sampai di situ saja, stres dan kerja berlebihan dapat memperlemah sistem pertahanan tubuh dan memicu infeksi tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan ada bermacam-macam – al : infeksi virus, infeksi bakteri, alergi dan iritasi.

Pharyngitis karena virus dan bakteri dapat ditularkan melalui ludah, yang menyebar saat batuk (drooplet infection), atau melalui tangan atau barang pribadi penderita yang terkontaminasi. Rata-rata masa inkubasi radang tenggorok antara dua hingga lima hari. Namun bila disebabkan virus, masa inkubasinya berkisar antara tiga hari hingga dua minggu. Infeksi yang disebabkan virus influenza bersifat menular dan sangat mudah tersebar. Pada kondisi ini, peradangan berlangsung sekitar tiga sampai sepuluh hari. Umumnya, peradangan terasa lebih berat pada pagi hari dan akan membaik seiring berjalannya hari.

Biasanya disertai rasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam, dan batuk. Sakit tenggorokan juga ditemukan pada infeksi virus lainnya seperti bisul dan campak. Tubuh memerlukan satu minggu untuk membangun antibodi untuk menghancurkan virus-virus tersebut. Infeksi Mononucleosis, atau yang umumnya disebut Mono disebabkan Virus Epstein Barr, dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.Virus ini memengaruhi sistem limpa sehingga menyebabkan pembesaran pada amandel dan muncul bercak putih pada permukaannya. Selain itu, juga terjadi pembengkakan pada pembuluh di leher.

Infeksi seperti ini biasanya menimbulkan sakit tenggorokan yang parah, sehingga membuat si penderita kesulitan bernapas. Virus ini juga menyebabkan kelelahan luar biasa yang dapat berlangsung lebih dari enam minggu. Terkadang virus ini juga menyerang hati dan menyebabkan sakit kuning. Walaupun Mono diberi nama panggilan Kissing Disease, ia tidak hanya bisa ditularkan melalui ludah. Penularan juga dapat terjadi dari mulut ke tangan, kemudian dari tangan ke mulut atau dari penggunaan handuk atau alat-alat makan bersama.

Untuk bakteri, yang paling umum dan paling serius dalam hal komplikasi adalah grup A betahemolitis streptococcus. Bakteri ini menyebabkan penyakit strep throat dan diasosiasikan dengan kerusakan klep di jantung (demam rematik) dan ginjal (nephritis), tonsillitis, radang paru, sinusitis, dan infeksi telinga. Penyebab sakit tenggorokan yang lain adalah laryngo-pharyngeal reflux (LPR).  Pada penderita alergi biasanya mengalami sakit di tenggorokan pada pagi hari saat asam lambung naik ke atas dan masuk bagian belakang tenggorokan. Pada tenggorokan terasa ada benjolan dan berasa asam. Penderita sering mengeluarkan dahak untuk membersihkan tenggorokan.

Oleh karena itu, alangkah bijaknya kita –pasien maupun dokter, untuk tidak mengabaikan /  membiarkan nyeri radang tenggorokan menjadi parah hingga menyebabkan komplikasi.

Nyeri Dada Tidak Selalu Karena Masalah Jantung

posted Dec 19, 2011, 6:42 AM by dr. Sri Dewi S.   [ updated Dec 23, 2011, 3:54 AM ]


Nyeri dada hampir selalu menyebabkan kecemasan karena lokasinya berada di dekat jantung. Oleh karena itu, keluhan tersebut termasuk yang paling sering dikonsultasikan ke dokter. Padahal, penyebabnya tidak selalu berkaitan dengan jantung.

Manifestasi nyeri dada dapat berbeda-berbeda tergantung penyebabnya. Rasa nyeri mungkin dirasakan hanya di satu sisi atau di kedua sisi dada, terbatas atau menjalar sampai ke punggung atau lengan, berlangsung singkat atau lama, terjadi pada saat istirahat atau ketika beraktivitas/bernafas. Rasa nyeri sering terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti mual, muntah, sesak nafas, berkeringat, atau gelisah

PENYEBAB

Nyeri dada dapat disebabkan oleh banyak faktor, yang dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu jantung dan non-jantung. Penyebab paling umum nyeri dada karena masalah jantungadalah angina pektoris (sesak dada karena otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen). Masalah jantung lain yang menyebabkan nyeri dada antara lain adalah cacat katup jantung, penyakit otot jantung, gangguan irama jantung,dan peradangan pada perikardium atau otot jantung (miokarditis).
Penyebab non-jantung dari nyeri dada termasuk:

      1.   Penyakit gangguan asam lambung/ maag

            2. Radang selaput dada (pleuritis)

            3. Gangguan saluran pencernaan, seperti kejang esofagus, ruptur di tenggorokan (esofagus pecah), peradangan pankreas                       

                (pankreatitis), radang kandung empedu

            4. Penyakit paru-paru seperti embolisme paru, pneumotoraks, infeksi paru (pneumonia), kanker paru

            5. Penyakit arteri utama (aorta), seperti aneurisma aorta, diseksi aorta

            6. Gangguan otot dan dinding dada, seperti luka (memar, tegang otot, tulang rusuk patah) atau metastasis kanker

            7. Mengkonsumsi obat-obatan seperti triptans, ergotamine, kokain

            8. Gangguan kejiwaan seperti kecemasan, kepanikan dan depresi

Selain itu, ada penyakit lain seperti herpes zoster, sarkoidosis atau lupus eritematosus sistemikyang rasa sakitnya dapat dirasakan di daerah dada.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis, dokter akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk memahami lebih rinci rasa nyeri yang dirasakan. Hal itu mencakup pertanyaan tentang:

        1. Di mana lokasi nyeri, kapan dirasakan dan bagaimana rasanya (menggigit, menusuk, membakar).

        2. Apakah rasa sakit terkait dengan gerakan tubuh atau posisi tubuh tertentu, saat bernafas atau makan.

Selain itu, dokter akan menanyakan penyakit sebelumnya dan faktor risiko lain yang mungkin ada. Dengan menggunakan stetoskop, dokter lalu memonitor suara jantung dan nafas Anda untuk mengetahui apakah ada kelainan.

Diagnosis standar nyeri dada termasuk elektrokardiogram (EKG) dan tes darah. Penyelidikan lebih lanjut mungkin dilakukan dengan ultrasound, sinar-X, CT scan atau gastroskopi untuk mengetahui lebih jelas masalah jantung, paru-paru atau lambung yang mendasari.

Pengobatan

Nyeri dada bukanlah penyakit tersendiri tetapi gejala suatu penyakit. Pengobatan hanya dilakukan setelah penyakit yang mendasarinya diketahui.

Nyeri dada dalam serangan akut angina pektoris, misalnya, dapat dihentikan cepat dengan nitrogliserin (trinitrat gliseril) yang diambil sebagai semprotan. Dalam serangan jantung, aliran darah ke otot jantung diperlancar dengan obat pengencer darah seperti aspirin, heparin atau dengan pelebaran arteri koroner yang tersumbat, misalnya, dengan menggunakan balon (balonisasi).

Bila penyebabnya adalah gangguan asam lambung (maag) maka pengobatan dilakukan untuk mengurangi produksi asam lambung atau menetralisir asam, misalnya dengan pemberian omeprazole, ranitidin dan antasid


4 Potensi Bahaya Penggunaan Laptop

posted Nov 7, 2011, 7:27 PM by Admin Poiklinik

Komputer laptop kini semakin populer. Bila beberapa tahun yang lalu laptop hanya menjadi pilihan mereka yang sering bepergian, kini tampaknya hampir semua orang lebih memilih laptop dibandingkan komputer biasa yang statis. Tapi di balik kepopulerannya, Anda perlu mewaspadai potensi bahayanya terhadap kesehatan.

Komputer laptop dapat menimbulkan masalah terutama karena layar, keyboard dan perangkat penunjuknya kecil. Penggunaan laptop yang lama sebaiknya dihindari. Jika menggunakan laptop sebagai komputer utama, sangat disarankan untuk memakai keyboard, mouse, dan monitor biasa. Risiko utama yang terkait dengan penggunaan laptop antara lain:

1. Dermatitis


Laptop hangat di paha menimbulkan masalah lebih serius daripada yang Anda bayangkan. Sebuah studi dalam jurnalPediatrics mengupas kasus seorang anak berusia 12 tahun yang mengembangkan kondisi kulit yang berubah warna kecoklatan, berbintik-bintik dan menyakitkan. Gejala yang secara klasik disebut erythema ab igne atau sindrom kulit terpanggang itu diakibatkan oleh penggunaan jangka panjang komputer laptop yang ditempatkan di atas paha. Artikel itu juga mencatat 10 kasus lain yang dilaporkan, dan kemungkinan masih banyak lagi yang tidak dilaporkan.

2. Pemanasan Sperma

Sebuah artikel dalam jurnal Human Reproduction (2005) mengeksplorasi hubungan laptop panas dengan jumlah sperma yang berkurang pada pria. Ternyata panas dari laptop dapat menghangatkan sperma laki-laki ke titik tidak aktif. Kondisi ini, yang disebut hipertermia skrotum, berpotensi menjadi masalah besar, terutama karena laptop sangat populer di kalangan pria muda yang berusia produktif.

3. Masalah punggung, pundak dan leher

Risiko lain yang terkait laptop adalah nyeri punggung dan leher karena posisi tubuh yang buruk. Laptop tidak selalu ditempatkan di meja khusus seperti komputer biasa. Tanpa disadari, tidak jarang Anda terlalu membungkuk saat menggunakan laptop yang diletakkan di lantai, di meja kecil atau di pangkuan. Hal ini dapat menyebabkan masalah punggung dan leher.

Selain itu, masalah pundak juga dapat muncul akibat membawa laptop dengan posisi yang tidak benar. Penggunaan tas selempang bisa memberatkan satu sisi pundak yang sering dipakai. Untuk melindungi tubuh Anda, sebaiknya Anda berinvestasi pada tas ransel bertali lebar dan berstabilitas tinggi yang dirancang khusus untuk membawa laptop. Anak-anak yang masih tumbuh terutama perlu diwaspadai agar tidak membawa-bawa laptop yang berat tanpa perlindungan memadai.

4. Carpal tunnel syndrome

Keyboard yang lebih kecil pada laptop dapat meningkatkan risiko carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu kompresi dan jebakan pada saraf median yang memanjang di pergelangan tangan. Hal ini menyebabkan kesemutan, mati rasa, atau nyeri pergelangan tangan. Selain itu, kekuatan tangan dapat berkurang dan tidak mampu mengepal, memegang benda, atau melakukan tugas-tugas manual lainnya.

Pergelangan tangan menekuk (ulnaris displacement) saat menggunakan keyboard adalah penyebab umum CTS di kalangan pengguna komputer. Untuk mengurangi risiko CTS, jangan ragu untuk menyambungkan keyboard dan mouse eksternal pada laptop Anda atau menempatkan bantal yang dirancang khusus untuk mengistirahatkan pergelangan tangan saat mengetik.  Yang tidak kalah penting, tempatkan laptop di posisi yang tidak membuat pergelangan tangan Anda menekuk

1-10 of 13